Sabtu, 07 Agustus 2010

TIPS MANAJEMEN WAKTU


Waktu dalam kebahsaan berarti latar, dalam kehidupan waktu berarti sesuatu hal yang penting yang selalu menyertai kita, hari ini kta berhadapan dengan waktu, kemarin kita lalui dengan menghadpi waktu, dan besok akan kita lalui dengan menghadapi waktu pula. Waktu yang dahulu kita tidak bisa kita ulang, dan waktu yang ada di depan tidak dapat kita ketahui. Kita tidak bisa pergi ke masa lalu atau ke masa depan seperti khayalan di dunia doraemon.

Untuk itu kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin, tips yang sederhana untuk belajar dari sekarang dengan memenejemen waktu. Hal yang dianjurkan :

Satu :  Gunakan Kalender
Sebuah kalender dapat membantu menjadwal kegiatan anda untuk besok, seminggu kemudian dan beberapa minggu kedepan. Di situ anda akan menulis komitmen anda, janji anda, dan tanggung jawab anda terhadap kegiatan apa yang akan lakukan. Usahakan kalender anda dapat megingatkan anda dimanapun dan kapanpun anda berada entah anda sedang berada di sekolah, dikantor, dirumah, atau diamnapu.

Dua : Rencanakan Aktifitas anda
Buatlah rencana aktifitas mingguan anda, jadi anda dapat mengetahui kapan anda harus belajar, mengerjakan tugas, bermain bersama teman, waktu anda bersama keluarga, dan bahkan melakukan hobi anda. Hal ini patut diperlukan agar setiap bagian dari lingkungan hidup anda dapat merasakan dan menikmati waktu bersama anda. Bersikaplah realistis terhadap kegiatan anda karena anda sendirilah yang akan menjalankannya, saran dari saya sediakanlah waktu luang jika ada kegiatan yang dianggap dadakan dan tidak masuk dalam rencana anda.


 Tiga : Buatlah daftar kerja
Hal ini penting untuk mengingatkan anda tentang tugas apa saja yang harus anda kerjakan dan tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Untuk para siswa atau pelajar catatlah tugas dan ketahuilah waktu ulangan pelajaran anda pada sebuah catatan untuk mengingatkan anda dan menentukan yang mana yang harus anda selesaikan terlebih dahulu sesuai deadline yang diberikan. Dengan ini anda seudah dapat  memulai menyusun prioritas yang anda akan jalani.

Empat : Sediakanlah waktu untuk anda bersantai
Tidak dapat kita pungkiri di saat padatnya jadwal kita, kita pasti merasa lelah dan bosan dengan aktifitas kita, oleh karena itu bersantai menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menyegarkan diri anda. Hal ini bisa anda lakukan sendiri dengan cara menonton tv, menonton acara lawak, main games, melakukan hobi anda dan lainya. Bisa anda lakukan berdua atau lebih dengan cara jalan dengan pacar anda, dengan teman anda, hangout, pergi ke mall, ke tempat wisata, atau bercengkraman dengan keluarga. Hal ini harus dilakukan agar anda merasa semangat dan siap untuk menjalankan kembali aktifitas padat anda.

Lima : Menjalankan Aktifitas anda
Jalankanlah aktifitas anda sesuai dengan jadwal, dan dengan rasa penuh tanggung jawab, jangan lupa niatkan dalam hati anda, dan juga jangan lupa berdoa dan beribadah supaya aktifitas yang anda lakukan mendapat berkah rahmat, dan keikhlasan dari Allah SWT .

Itulah tips sederhana yang dapat saya berikan untuk anda. Tips ini saya khususkan untuk pelajar seperti saya untuk memulai belajar menghargai dan memenejemen waktu mulai dari sekarang, agar nantinya terbiasa untuk kita menghadapi mas kuliah dan masa kerja.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar