Kamis, 12 Agustus 2010

Rebahkan Badanmu, Pejamkan Matamu


Setelah melakukan aktifitasnya sehari-hari pasti setiap Manusia membutuhkan istirahat untuk memulihkan tenaganya. Karena kita tidak bisa selamanya terus bekerja karena tubuh kita ada batasnya, bahkan robot pun perlu diganti baterainya agar bisa beroperasi lagi. Salah satu bentuk istirahat yang paling sering dan setiap hari kita lakukan adalah tidur. Allah ber firman :
“Dan kami jadikan tidurmu untuk istirahat” (An-Naba : 9)

Kebanyakan dari kita mengganggap tidur suatu aktifitas yang biasa, sehingga banyak dari kita yang menyepelekan adab, dan sunah tidur sehingga tidurnya menjadi tidur yang buruk dari segi kesehatan dan syariat. Padahal jika kita tidur mengikuti kaidah agama dan kesehatan inysa allah tidur kita menjadi tidur yang sehat dan berpahala. Berikut ini adab-adab tidur :

Satu : Tidur pada awal malam
Dianjurkan tidak menunda tidur setelah salat isya, kecuali memang ada urusan seperti belajar, menerima tamu, dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar kita pada malam hari dapat bangun untuk melaksanakan salat malam (salat tahajud) yang dianjurkan di lakukan pada 1/3 malam terakhir atau kira-kira jam 3 pagi.

Dua : Berwudhu sebelum tidur
Rasulullah bersabda kepada Barra bin Azib, “Jika engkau hendk pergi ke tempat tidurmu, maka berwudhulah seperti wudhumu untuk salat”. Hal ini dilakukan agar badan kita bersih dari kotoran dan najis sebelum kita tidur.

Tiga  : Menutup pintu dan mematikan lampu
Hal ini dilakukan untuk menjaga diri dan harta dari orang yang hendak berbuat jahat.

Empat : Membersihkan tembat tidur
Membersihkan tempat tidur sebelum tidur termasuk adab tidur, hal ini dilakukan dengan cara mengibaskan sprei atau membersihkannya dengan sapu lidi, disunahkan sebanyak 3 kali sambil mengucapkan basmalah.

Lima : Berbaring ke kanan
Hendaknya tidur dengan berbaring ke kanan dan disunahkan menghadap kiblat dengan bantal tangan kanan, dan janganlah tidur dengan posisi tengkurap. Dari segi medis Alasannya karena jantung dan lambung kita berada di bagian kiri tubuh kita, maka jika kita berbaring ke kanan maka tekanan atau beban yang di berikan ke jantung dan lambung kita, sehingga memberi waktu bagi jantung dan lambung kita untuk istirahat, dan jika kita tidur dengan posisi tengkurap akan membuat dada atau paru-paru kita tertekan dan membuat kita sulit bernafas sehingga tidur dengan posisi ini sangat buruk bagi tubuh kita.

Enam  : Membaca ayat Al-Quraan dan doa sebelum tidur
Berdasarkan hadits dari Aisyah r.a “ Adalah Rasulullah jika hendak tidur beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu meniupnya seraya membaca surat Al-ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Kemudian beliau mengusapkan kedua tangannya ke kepala, wajah, dan tubuh bagian depan yang dapat dijangkau. Hal ini beliau lakukan sebanyak tiga kali” (HR Bukhari & Muslim)
Setelah membaca ketiga surat itu hendaklah membaca Ayat kursi, dan juga doa sebelum tidur yang sudah anda ketahui.

Itulah adab dan sunah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh teman-teman semua, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar