Sabtu, 29 Oktober 2011

Sepeda Kampus UGM


Pada tahun ajaran baru 2011/2012 Universitas Gajah Mada meluncurkan layanan terbarunya dalam bentuk transportasi yaitu sepeda kamus. Wow

Kebijakan ini diambil sebagai salah satu perwujudan visi pengembangan kampus dalam RIPK (Rencana Induk Pengembangan Kampus) yaitu Educopolis. Educopolis bermakna suatu lingkungan yang kondusif untuk proses pembelajaran.

Tujuannya sudah pasti untuk menciptakan udara bersih di lingkungan kampus, serta memberikan layanan transportasi kepada mahasiswa, dosen, dan karyawan dengan mudah dan pastinya gratis. Hehe

Selain itu tujuan lainnya adalah mengurangi penggunaan kendaraan bermotor oleh mahasiswa dan dosen UGM karena dinilai parkiran UGM sudah penuh. Bahkan untuk mendukung program ini mahasiswa baru angkatan tahun ini dilarang menggunakan kendaraan di lingkungan kampus.


Cara meminjamnya tentu sangat mudah cukup dengan mendaftar di stasiun sepeda terdekat dengan menuliskan nama dan waktu meminjam (belum tau apakah harus menunjukan kartu mahasisw juga atau nggak). Waktu peminjaman sepeda maksimal 30 menit dan dapat digunakan mulai pukul 06.30-16.00 kata na sih kedepan na jam operasional na mao diperpanjang sampe malem (takut banyak yang lembur kale ya).

Untuk sementara ini ada 8 titik stasiun yang ada, kedepan na mao ditambah rencananya, 8 titik tersebut diantaranya :
  1. Pos SKK Sektor Barat
  2. Perpustakaan Pusat
  3. Pos SKKK Sektor Timur (Lembah)
  4. Gelanggang Mahasiswa
  5. Fakultas Peternakan
  6. Perpustakaan Unit II
  7. KPTU Fakultas Teknik
  8. Fakultas Kedokteran Gigi

Ya mudah-mudahan program sepeda kampus ini sukses dan mendapat apresiasi dari segenap warga kampus, dan bisa mengakomodir semua yang berminat sama sepeda kampus. Kedepan na juga mudah-mudahan bisa ada program layanan transportasi lain seperti Bus Fakultas mengingat wilayah kampus yang cukup luas, hehe ini sih Cuma harapan penulis aja ya. Supaya UGM gak kalah sama universitas lain yang udah lebih maju dari bidang pelayanan transportasi dalam kampus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar